Liburan ke Nepal dengan Biaya Kurang dari 5 Juta

Liburan ke Nepal dengan Biaya di Bawah 5 Juta

Liburan ke Nepal dengan biaya kurang dari 5 juta? Yes, bisa banget. Tahun 2017 lalu saya akhirnya bisa men-check salah satu bucket list saya yang sudah sangat ingin saya penuhi sejak kuliah. Nepal adalah salah satu destinasi impian saya dan sahabat saya. OK, kali ini saya tidak akan bercerita mengenai pengalaman kami berdua di Nepal (kalau kamu penasaran, kamu bisa membacanya di Tumblr saya), tetapi saya akan membagikan tips bagaimana saya bisa jalan-jalan di Nepal selama dua minggu dengan biaya kurang dari 5 juta.

Perlu diingat dulu bahwa biaya yang saya maksud di sini adalah biaya yang saya habiskan selama saya sudah berada di Nepal. Artinya, ini di luar biaya tiket pesawat pulang dan pergi. Nah, kebetulan tahun lalu saya dapat tiket penerbangan Air Asia dan Malindo yang harganya tidak terlalu mahal, kira-kira 4,5 juta untuk tiket pulang dan pergi saat musim dingin. Saran saya buat kamu yang mau beli tiket penerbangan Air Asia; sebaiknya bayar bagasi sejak awal kamu beli tiket, jadi kamu tidak perlu menambah biaya bagasi lagi saat checkin di bandara (biayanya harganya lebih mahal dibandingkan harga di website). Berikut ini adalah beberapa tips agar kamu bisa liburan ke Nepal dengan biaya kurang dari 5 juta.

1. Berteman dengan Orang Lokal

Biplav dan sahabat saya, Azila

Ini adalah hal pertama yang saya lakukan sebelum saya menginjakkan kaki di Nepal. Sebetulnya ini berlaku untuk di mana saja. Kalau kamu ingin menghemat biaya, coba berteman dengan orang lokal. Saya tidak bermaksud mengajari kamu untuk jadi manipulatif, tentu saja tidak begitu tujuannya. Tetapi beneran deh, berteman dengan orang lokal bakal membuat hidup kamu jauh lebih mudah ketika traveling. Mereka bisa jadi resource buat kamu dalam hal apapun.

Saya mulai mencari teman lokal beberapa minggu sebelum saya tiba di Nepal. Saya mangandalkan Couchsurfing dalam pencarian ini. Saya hanya menulis sebuah post mengenai rencana saya liburan di Nepal dan saya berharap agar saya bisa berkenalan dengan orang-orang lokal. Saya juga mengirim pesan ke beberapa orang yang menurut saya bisa dipercaya, berharap agar beberapa dari mereka bersedia untuk jadi host bagi saya nanti. Ternyata hasilnya malah di luar dugaan, ada banyak sekali yang menawarkan diri untuk jadi host bagi saya. Akhirnya, saya hanya tinggal memilih paling tidak salah satu dari mereka saja.

Saya berteman dengan seorang pria lokal bernama Biplav. Saya menceritakan tentang rencana perjalanan saya dan sahabat saya selama dua minggu di Nepal. Kami bahkan membuat grup WhatsApp sendiri dan membuat itinerary kami di sana. Kebetulan Biplav juga sedang ingin liburan, karena dia sudah cukup lama tidak mengeksplor negaranya sendiri. Alhasil, kami bertiga mengeksplor Nepal selama dua minggu dengan menggunakan mobil Biplav dan kami bahkan sempat menginap di rumah keluarganya. Kami hanya perlu membayar  bensin, makan, tiket masuk di beberapa tempat, dan penginapan yang lumayan murah.

2. Berbagi Kamar

Liburan ke Nepal dengan Biaya di Bawah 5 Juta
Kamar kami di Nagarkot (maaf ya berantakan, hehe)

Berbagi kamar dengan teman perjalanan bakal membantu kamu menghemat pengeluaranmu. Kalau tidak ada teman perjalanan, kamu bisa cari penginapan yang menyediakan bedbunker alias beberapa tempat tidur dalam satu kamar. Biasanya harga per malamnya murah sekali, kebanyakan bahkan tidak sampai 100 ribu. Karena saya menginap bersama sahabat saya, jadi tentu saja biaya penginapan kami selalu dibagi dua. Kami juga selalu memilih penginapan yang lumayan murah (cek di bagian bawah untuk referensi).

3. Buat Itinerary & Jangan Impulsif

Pasupatinath

Kalau kamu sudah menetapkan jumlah budget, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat rencana perjalanan. Mengapa ini penting? Karena ini membantumu menghitung seluruh pengeluaranmu nanti sekaligus menghindari keputusan-keputusan impulsif (memilih destinasi atau kegiatan tertentu secara mendadak). Misalnya, kamu punya budget sebesar 3 juta. Lalu, kamu bisa membuat list berisi tempat-tempat yang mau kamu kunjungi di Nepal, kemudian perkirakan biaya yang kamu butuhkan di masing-masing tempat. Jika ternyata jumlah biaya totalnya melebihi budget-mu, kamu bisa menghapus beberapa tempat, mengurangi pengeluaran, atau bahkan mengalokasikannya untuk hal lain.

Saya sendiri menghabiskan sekitar 4 juta selama dua minggu di Nepal. Biaya ini sudah termasuk Visa on Arrival, tiket masuk ke beberapa tempat wisata di Pokhara dan Kathmandu, penginapan, dan makan. Karena saya cuma punya waktu dua minggu, maka saya membatalkan niat saya untuk trekking di Annapurna. Selain memakan waktu kira-kira hampir dua minggu, trekking juga lumayan mahal. Akhirnya, saya lebih memilih untuk mengeksplor beberapa tempat dan menunda rencana trekking saya itu.

4. Makan di Tempat Lokal

Sel Roti dan Aloo Matar

Intinya sih, live like a local. Selain ngobrol sama orang lokal, membiasakan diri untuk makan di tempat lokal juga bakal membantu kamu menghemat biaya perjalananmu. Mirip seperti di Indonesia, di sana ada banyak tempat makan lokal yang menyediakan berbagai menu dengan harga murah. Tentunya, warung makan jauh lebih murah ketimbang restoran, tetapi kamu pun boleh makan di restoran Western sesekali (misalnya dua kali dalam seminggu). Sebelum memutuskan makan di warung, sebaiknya perhatikan juga kebersihannya. Makanan lokal Nepal lumayan enak kok, saran saya; coba momo dan chow mein!

5. Batasi Belanja

Dengan uang kurang dari 5 juta, kamu juga masih bisa belanja kok. Akan tetapi, sebaiknya belanja seperlunya dan jangan ragu untuk menawar bila kamu merasa harganya terlalu mahal. Lupakan perhiasan dan pashmina mahal (apalagi pashminanya juga bukan asli dari Nepal). Sebaiknya pilih tempat belanja yang tidak terlalu ramai didatangi turis, terutama di daerah Thamel. Cari referensi dari teman lokalmu mengenai tempat paling pas untuk berbelanja.

Berikut ini adalah daftar pengeluaran saya selama dua minggu di Nepal

Day 1

1. Hotel semalam di Nagarkot: 1300 npr
  2. Makan malam nasi goreng: 250 npr

Day 2

1. Sarapan di Nagarkot: 125 npr
  2. Makan siang: 135 npr
  3. Uang bensin: 1500 npr
  4. Hotel dan makan malam di Daman: 1700 npr

Day 3

1. Sarapan: 425 npr
  2. Masuk Seti River: 25 npr
  3. Masuk Gurkha Museum: 220 npr
  4. Makan siang: 385 npr
  5. Makan malam: 750 npr

Day 4

1. Sarapan: 520 npr
  2. Masuk Bat Cave: 110 npr
  3. Masuk Devi’s Waterfall: 40 npr
  4. Makan malam: 829 npr
  5. Air mineral: 20 npr
  6. Laundry: 500 npr
  7. Tambal ban: 20 npr
  8. Uang bensin: 1500 npr

Day 5

1. Makan siang: 176 npr
  2. Makan malam (2 mie instan): 310 npr
  3. Boating di Phewa Lake: 225 npr

Day 6

1. Sarapan: Mie instan semalam
  2. Makan siang: 750 npr
  3. Makan malam: 500 npr
  4. Tiket festival musik: 100 npr

Day 7

1. Bayar hotel di Pokhara: 3000 npr
  2. Taksi ke terminal: 175 npr
  3. Bus ke Dumre: 250 npr
  4. Camilan: 90 npr
  5. Jeep ke Bandipur: 250 npr
  6. Es krim: 70 npr
  7. Makan malam: 625 npr

Day 8

1. Sarapan: 385 npr
  2. Hotel dan makanan di Bandipur: 980 npr
  3. Bus ke Dumre: 50 npr
  4. Bus ke Kathmandu: 600 npr
  5. Biskuit: 350 npr
  6. Becak ke restoran: 100
  7. Makan malam: 700 npr

Day 9

1. Masuk ke Bhaktapur: 1500 npr
  2. Kopi di Bhaktapur: 80 npr
  3. Masuk museum: 150 npr
  4. Temple: 300 npr
  5. Makan malam: 700 npr
  6. Air mineral: 300 npr
  7. Souvenir: 1700 npr

Day 10

1. Hotel dan makanan di Thamel: 655 npr
  2. Kopi: 350 npr
  3. Masuk Swayambunath: 200 npr
  4. Air mineral: 10 npr
  5. Masuk Pasupatinath: 1000 npr
  6. Makan siang: 700 npr
  7. Taksi ke bandara (mengantar teman):300 npr

Day 11

1. Hotel di Boudhanath: 1600 npr
  2. Kopi: 350 npr
  3. Masuk Kathmandu Durbar Square: 1000 npr
  4. Camilan: 250 npr
  5. Bus ke Patan Durbar Square (dan balik ke Thamel): 30 npr
  6. Hotel di Thamel: 1200 npr
  7. Souvenir: 2200
  8. Makan malam: 200 npr

Day 12

1. Sarapan: 600 npr
  2. Kopi: 200 npr
  3. Bus ke Koteshwar: 15 npr
  4. Bus ke Kamalbinayak: 20 npr
  5. Bus ke Nagarkot: 50 npr
  6. Makan siang: 250 npr
  7. Makan malam: 800 npr

Day 13 (Hari Terakhir)

1. Hotel dan makanan di Nagarkot: 2012 npr
  2. Makan siang: 700 npr
  3. Ongkos angkot ke Boudhanath: 30 npr

Total pengeluaran: 34277 NPR = 4,487,923 Rupiah.

Patan Durbar Square

Kalau kamu tahu orang Indonesia yang tinggal di sana, kamu bisa mencoba menghubungi mereka. Mereka bisa memberi tahu berbagai informasi yang bisa semakin membantumu menghemat biaya. Kebetulan, sahabat saya punya teman orang Indonesia yang telah lama tinggal di Boudahanath, Nepal. Saat kami mampir ke rumahnya, kami dibuatkan mie oleh ibu dari dua anak ini. Saya malah sempat menginap semalam sebelum saya pulang ke Indonesia. Beruntung sekali, bukan?

Jika kamu bingung melihat pengeluaran saya dan heran mengapa seolah saya jarang makan, itu karena sebenarnya saya sering makan gratis di sana. Kalau ada hal yang membuat kamu penasaran, kamu juga boleh komentar di sini. Saya harap kamu bisa tetap pergi ke Nepal meskipun budget kamu terbatas. Kalau kami bisa, kamu pun tentu bisa!

Referensi Hotel

At the End of Universe, Thamel

Secret Garden, Thamel

Samira Homestay, Bandipur

Giri Guest House, Pokhara

Hotel Sungava, Daman

Happiness Guest House, Boudhanath

Sharing is caring!

9 thoughts on “Liburan ke Nepal dengan Biaya Kurang dari 5 Juta”

1. Wah kak seru banget perjalanan ke nepalnya, saya fikir ke nepal mahal ternyata murah ya.
    Waktu kaka kesana pake flight apa btw?
    Ohiya salam kenal aku dania 🙂

1. Halo Abi,

Aku waktu naik Malindo baik-baik aja kok. Semuanya lancar..ya memang aku pilih penerbangan ini karena sesuai budget dan waktu sih, tapi kalau kamu nggak yakin…pilih flight lain aja ya 🙂

2. halooo, kami mau ke Nepal tgl 16 Sept 2018 mendatang. Boleh minta kontak teman yg bisa jadi guide di sana? Terima kasih yaa

1. Hi, Imelda!
      Kebetulan aku nggak pake tour guide pas di Nepal, tapi aku kenalan sama beberapa orang lokal via Couchsurfing.
      Kayanya inappropriate kalo aku kasih kontak mereka without their consent hehe
      Tapi aku rekomendasiin kamu untuk dateng ke Hole In The Wall di Thamel. Pemiliknya temen aku, jadi mungkin kalian bisa ngobro2 dan siapa tau jalan2 bareng hehe

3. Halo kak
    Saya tertarik
    Saya mau ke nepal tgl 20 november 2019 mendatang
    Apa apa saja syarat nya kak
    Dan pemberangkatan nya darimna

Dan bolehkah saya minta kontak kakk

1. Halo Mervi,

Ke Nepal sih persyaratannya gampang banget kok..kamu cuma perlu nyediain uang untuk bayar Visa on Arrival sama pas foto passport 2 buah.
      Untuk bayar VoA, sediakan dollar ya…yg paling murah itu 25 USD untuk 15 hari.