Tips Aman Solo Traveling ke India untuk Perempuan

Tips Aman Solo Traveling ke India untuk Perempuan

Banyak teman perempuan saya yang ingin sekali traveling ke India, lalu mereka bertanya kepada saya apakah aman bagi perempuan untuk mengeksplor India sendirian. Saya tidak bisa memastikan bahwa jalan-jalan sendirian di India itu 100% aman bagi perempuan. Akan tetapi, berdasarkan pengalaman pribadi saya, beberapa kota di India Utara cukup aman bagi turis perempuan. Meskipun begitu, ada baiknya jika kamu mencari tahu beberapa tips dan informasi sebelum kamu berangkat ke sana (khusus bagi kamu yang belum pernah ke sana). Berikut ini adalah beberapa tips aman solo traveling ke India untuk perempuan versi Broke Traveler.

1. Kenalan dengan Orang Lokal

Menurut saya, tips ini adalah yang paling penting. Sebelum kamu memutuskan untuk solo traveling ke India, sebaiknya kamu berkenalan dengan beberapa penduduk lokal terlebih dahulu, terutama jika kamu berencana untuk mengunjungi beberapa kota atau provinsi.  Kamu bisa memanfaatkan beberapa situs khusus traveler atau situs pertemanan seperti Couchsurfing dan Meet Up untuk dapat berkenalan dengan orang-orang lokal. Akan tetapi, kamu juga perlu berhati-hati dalam memilih teman online.

Coba libatkan teman-temanmu dalam memilih teman online yang nantinya akan kamu temui di beberapa kota yang kamu kunjungi. Jangan ragu untuk mencari berbagai info seputar mereka melalui media sosial, karena cara ini akan memudahkan kamu untuk memutuskan apakah mereka bisa dipercaya atau tidak. Sebaiknya, pilih beberapa teman online perempuan juga agar kamu merasa lebih nyaman. Jika mereka menawarkan diri sebagai host, sebaiknya pilih yang tinggal bersama keluarganya alias tidak hidup sendirian, terutama jika penawarnya adalah pria. Punya teman lokal akan memudahkanmu untuk mencari tahu tempat-tempat yang aman untuk dikunjungi atau tempat-tempat yang sebaiknya dihindari.

2. Percaya Diri

Mungkin ini terdengar sepele, tetapi merasa percaya diri saat kamu berjalan sendirian itu sangat penting. Jangan kaget bila nanti kamu menemui banyak pria lokal yang menawarkan tumpangan atau ingin mengajakmu pergi. Terdengar menyeramkan? Jangan khawatir, kamu bisa menolak mereka dengan galak. Dulu saya mengalami kejadian ini beberapa kali sewaktu saya berjalan sendirian di Panchkula, Chandigarh. Ketika ada pria lokal yang mengganggu saya, saya akan katakan ‘leave me alone‘ secara lantang atau bahkan mengumpat ketika mereka memaksa, kemudian saya berjalan meninggalkan mereka.

3. Usahakan Berada di Lingkungan yang Ramai

Pilih penginapan dan tempat makan yang lokasinya strategis dan dilewati banyak orang dan kendaraan. Biasakan untuk tidak berjalan sendirian di jalanan yang sepi apalagi di daerah yang terkenal rawan penjambret atau pelaku kriminal lainnya. Perlu diingat bahwa beberapa kota di India terkenal berbahaya bagi perempuan. Jadi, bila kamu berniat mengunjungi kota-kota yang kurang aman, sebaiknya kamu bergabung dengan beberapa traveler lain (gunakan aplikasi yang sudah saya sebutkan) atau cari teman lokal untuk menemanimu.

4. Berani untuk Menolak

Dulu saya pernah mengalami harrassment ketika mengunjungi Golden Temple di Amritsar sendirian. Saat itu saya merasa sangat kedinginan dan saya sadar semua orang tertidur di sepanjang koridor menggunakan selimut. Tiba-tiba ada pria tua yang berbicara pada saya dan membagikan sebagian selimutnya kepada saya (satu selimut untuk berdua). Bodohnya, saya pikir berbagi selimut dengan orang asing di area tersebut adalah wajar, jadi saya mengangguk saja, hingga akhirnya saya sadar kakek itu merebahkan tangan kanannya ke dada saya. Sambil tertawa (karena saya shocked sekaligus merasa konyol), saya melepaskan tangannya dan menyuruhnya pergi meninggalkan saya.

Jujur setelah kejadian tersebut, bukannya takut, saya malah jadi semakin berani. Rasanya saya ingin meninju siapa pun yang berani lagi menyentuh tubuh saya tanpa seizin saya. Moral of the story; sedingin apapun, jangan percaya pada orang asing yang tiba-tiba menawarkan selimutnya untuk kamu, apalagi kalau ternyata ia menawarkan selimutnya untuk dipakai berdua. OK, saya akui saat itu saya benar-benar bodoh. I was so desperate and totally out of my mind.

Ladies, mungkin pengalaman saya ini membuat kalian jadi sedikit takut (but I’m certain you guys aren’t stupid like I was). Tetapi, saya tidak bermaksud menakut-nakuti kalian sama sekali. Saya yakin, bahwa sebagai perempuan, kita bisa mengendalikan situasi apapun. Kuncinya cuma satu; berani untuk menolak. Jangan biarkan ketakutan menguasai diri kita dan jangan biarkan siapapun mengintimidasi kita.

5. Jangan Sembarangan Memfoto

Dulu salah satu teman saya pernah dipalak dan dikejar-kejar oleh beberapa warga lokal ketika ia sedang mengambil beberapa foto di Varanasi. Orang-orang itu memaksa teman saya untuk memberikan mereka uang, karena menurut mereka ia sudah sembarangan mengambil foto (saya kurang paham objek apa saja yang ia foto, tetapi kemungkinan ia mengambil foto jenazah yang sedang dikremasi). Jadi saran saya, sebelum kamu memfoto objek apapun, pastikan bahwa tidak ada larangan untuk memfoto di area tersebut. Khusus untuk Varanasi, sebaiknya kamu pergi ke sana bergerombol (karena pengemis akan semakin agresif bila melihat turis yang sedang sendirian) bersama teman-teman sesama turis atau ditemani oleh seorang warga lokal yang mengenal baik lokasi tersebut.

Demikian beberapa tips aman solo traveling ke India yang mudah-mudahan berguna bagi para perempuan yang ingin mengeksplor negeri Bollywood untuk pertama kali. Saya menyadari masih banyak kekurangan yang perlu saya perbaiki baik dalam tulisan saya maupun dalam memberikan tips. Kalau kamu ingin bertanya-tanya seputar traveling ke India, kamu bisa langsung memberikan komen di bagian bawah artikel ini . Terima kasih sudah membaca tips ini, tetap ikuti travel tips seru lainnya dari Broke Traveler, dan selamat bersenang-senang di India!

 

 

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *