8 Tips Traveling Murah dengan Budget Seadanya

8 Tips Traveling Murah dengan Budget Seadanya

Mau jalan-jalan, tapi budget lagi pas-pasan? Bisa kok! Ini mungkin bukan ide yang cocok untuk semua orang, tetapi menurutku kita nggak perlu menunggu sampai punya banyak uang untuk memenuhi hasrat jalan-jalan kita. Kalau aku harus menunggu sampai uang tabunganku terkumpul banyak, aku mungkin belum ke mana-mana sampai hari ini. Bagiku traveling itu penting untuk kesehatan mentalku. Nah, kali ini aku punya beberapa tips untuk kamu yang tetap mau jalan-jalan meskipun nggak punya banyak uang.

1. Tentukan Ulang Destinasimu

Modal nekat saja nggak cukup. Kamu nggak bisa pergi ke setiap tempat yang kamu inginkan dengan budget seadanya.

Kamu boleh menentukan destinasimu dulu sebelum kamu tahu berapa banyak uang yang kamu punya, tetapi setelah itu kamu harus melakukan estimasi. Apakah kamu bisa pergi ke tempat tujuanmu itu dengan uang yang kamu miliki sekarang? Kamu harus bisa menjawab pertanyaan ini.

Seandainya kamu yakin bisa, tanya dirimu lagi berapa lama waktu yang bisa kamu habiskan dengan uang yang kamu pegang saat ini. Kalau nggak yakin, ubah destinasimu.

Misalnya, kamu ingin sekali jalan-jalan ke Eropa, tetapi kamu cuma punya uang 10 juta. Uang tersebut nggak mungkin mencakup tiket pesawat, visa, dan akomodasimu di Eropa. Jadi, lebih baik pilih destinasi yang lebih dekat, murah, dan bebas visa (atau setidaknya VoA).

2. Fleksibel Ketika Memilih Tanggal

Ketika kamu memilih penerbangan dan penginapan, usahakan untuk lebih fleksibel soal tanggal keberangkatan dan kepulanganmu. Di situs travel populer seperti Sky Scanner atau Fare Compare, kamu bisa melihat harga tiket pesawat mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal berdasarkan tanggal.

Biasanya, orang-orang akan memilih akhir pekan (Jumat – Minggu) sebagai tanggal keberangkatan atau kepulangan. Inilah mengapa harga tiket pesawat pada hari-hari tersebut cenderung lebih mahal. Jadi, sebaiknya pesan tiket pesawatmu di hari-hari biasa (Senin-Kamis).

3. Jangan Bawa Banyak Barang

Khusus bagi kamu yang ingin berpergian dengan pesawat, ingat untuk selalu membawa barang secukupnya saja. Kalau bisa, bawa satu tas ransel, atau tas jinjing, atau koper kecil saja.

Kalau kamu bawa banyak barang, maka kamu bisa dikenakan biaya tambahan untuk bagasi yang nggak sedikit (dan ingat, kamu bakal harus membayarnya dua kali!). Jadi, packing light itu penting banget bagi kita yang budget nya pas-pasan.

4. Temukan Akomodasi Murah & Gratis

Karena kamu nggak punya banyak uang, jadi kamu harus benar-benar bijak ketika memilih penginapan. Jadi, lupakan hotel.

Hotel bukan tempat menginap yang tepat di saat uang kita pas-pasan. Pilihlah hostel kalau kamu belum menemukan tempat tinggal gratis. Bunk bed hostel bisa jadi alternatif yang bagus, karena kamu bisa bertemu traveler lain yang bisa kamu ajak jalan.

Kalau mau super hemat, coba cari tempat menginap gratis melalui Couchsurfing. Jangan lupa untuk membawakan host-mu suvenir untuk kenang-kenangan (biar kamu kelihatan sedikit modal juga, hehe).

5. Atur Rencana Perjalananmu

Naik pesawat memang praktis, tetapi sayangnya nggak murah. Kalau ternyata destinasimu bisa dicapai dengan menggunakan kereta atau bus, kenapa nggak pilih transportasi yang lebih murah?

Kamu memang bakal butuh lebih banyak waktu di perjalanan, tetapi kalau opsi ini bisa menyelamatkan isi kantongmu, why not?

Baca juga artikel Broke Traveler yang sebelumnya: 3 Tips Aman & Nyaman Jalan-Jalan ke Nusa Penida

6. Berbaur dengan Warga Lokal

Begitu sampai di kota tujuanmu, jangan cuma pergi ke tempat-tempat yang touristy dan makan di kafe atau restoran populer. Aku sadar kalau selama ini uangku lebih banyak dihabiskan untuk makanan dan aku sering salah memilih tempat makan.

Cobalah makan di warung-warung lokal dan berinteraksi dengan warga sekitar. Kamu mungkin bisa mendapatkan berbagai saran yang bagus dari warga lokal yang pastinya bakal membantumu menghemat uang. Jika beruntung, mereka mungkin bakal menawarkanmu untuk menginap di tempat mereka.

7. Lupakan Sebentar Media Sosial

Fokus pada liburanmu dan lupakan media sosial. Ketika kamu terlalu sering menghabiskan waktu di media sosial seperti Instagram, pikiranmu akan terdistraksi.

Kamu mungkin bakal memikirkan tentang foto seperti apa yang harus kamu posting nanti, lokasi instagrammable mana yang harus kamu datangi, baju seperti apa yang harus kamu pakai di foto kamu nanti, dan hal-hal superficial lain yang mengharuskanmu menghabiskan banyak uang.

Dengan mengalihkan perhatianmu dari media sosial, kamu juga akan lebih bisa fokus pada hal-hal yang lebih penting di sekitarmu dan pengalaman liburanmu pun bakal menjadi lebih bermakna.

8. Ikuti Terus Tips Traveling Murah

Supaya kamu bisa selalu travel on a budget, ikuti terus travel blogger atau vlogger yang memberikan berbagai tips traveling murah. Kamu bisa subscribe mereka untuk mendapatkan rekomendasi penginapan, restoran, dan tour guide dengan harga yang terjangkau.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *